Cara Alami Merawat Bacan dengan Daun Pandan dan Minyak Kemiri

Batu Bacan Batu Mulia - Pengetahuan dalam merawat batu bacan merupakan keharusan bagi para kolektor batu asal Pulau Kasirupa Propinsi Maluku Utara ini. Batu bacan utamanya jenis doko dan palamea berproses menuju kristal yang sempurna. Proses kristalisasi ini perlu dibantu dengan beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah dan oleh siapapun. Setelah proses kristalisasi batu bacan sempurna harga jualnya pun meningkat beberapa kali lipat.

Beberapa warga desa Pulau Bacan biasa merawat batu ini dengan menggunakan media Daun Pandan dan Minyak Kemiri. Kedua bahan tersebut mudah didapatkan di Pulau Bacan sehingga warga pulau lebih sering menggunakannya untuk merawat batu bacan. Anda juga bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang jenis-jenis batu bacan doko dan bacan palamea.

Cara merawat bacan dengan daun pandan, merawat bacan dengan minyak kemiri, perawatan bacan asli, tips merawat bacan alami, tips alami merawat bacan, tips rawat bacan, daun pandan merawat bacan, minyak kemiri merawat bacan, bacan dan cara merawatnya

Merawat Batu Bacan dengan Daun Pandan

Berdasarkan dari pendapat beberapa Pakar Batu Bacan, dikatakan bahwa Daun Pandan dapat membantu mempercepat proses kristalisasi batu. Batu bacan yang dirawat pakai Daun Pandan mengalami perubahan warna menjadi lebih menarik.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Wadah dari tanah liat atau aluminiumyang dilengkapi tutup
  • Daun pandan segar
  • Lumpang

Langkah-langkah perawatannya adalah:
Daun Pandan ditumbuk hingga halus menggunakan lumpang, campur air secukupnya. Daun Pandan halus kemudian dipindahkan ke wadah panci bertutup bersama dengan batu bacan. Usahakan Batu Bacan terendam sempurna di dalam tumbukan daun pandan. Perkembangan batu bacan dapat dipantau setiap hari. Daun Pandan halus yang digunakan untuk merendam batu bacan sebaiknya diganti seminggu sekali. Bacan Bacan akan menunjukkan perubahan setelah treatment selama 1 hingga 3 bulan.

Cara Merawat Batu Bacan Dengan Minyak Kemiri

Batu Bacan juga dapat dirawat menggunakan minyak kemiri. Minyak yang umumnya dipakai untuk menyuburkan rambut tersebut dapat membantu batu bacan sehingga lebih cepat membentuk kristal.

Cara merawatnya cukup mudah, cukup dengan merendam batu bacan ke dalam Minyak Kemiri. Simpan selama 3 bulan, lalu lihat perkembangan perubahan warna dan kristalisasinya.

Kegunaan Minyak Kemiri dalam merawat Batu Bacan, dijelaskan sebagai berikut :

  • Batu bacan yang masih perlu berproses, dengan bantuan minyak kemiri maka proses kristalisasinya bisa lebih cepat.
  • Warna batu bacan muda yang berwarna hijau tua akan berubah menjadi warna hijau muda setelah diproses dengan minyak kemiri. Selain direndam, diperlukan juga penjemuran secara periodik.
  • Batu bacan yang terlanjur retak bisa diatasi dengan perawatan menggunakan minyak kemiri ini. Proses menutupi retak pada batu bisa berlangsung selama 3 bulan atau lebih, tergantung teknis rendam dan jemur yang anda lakukan.
  • Jika anda merendam batu bacan selama 3 hingga 5 bulan, maka akan diperoleh batu bacan dengan kepadatan yang semakin meningkat.


Itulah tadi tips merawat batu bacan menggunakan media daun pandan dan minyak kemiri, tips merawat bacan ini bisa Anda terapkan pada batu bacan kesayangan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Alami Merawat Bacan dengan Daun Pandan dan Minyak Kemiri"

Posting Komentar